• Home
  • Susu Kedelai dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Susu Kedelai dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

image001

Susu kedelai yang dibuat dari proses perendaman, penggilingan dan memasak kacang kedelai dengan air mendidih, adalah minuman yang sangat bergizi. Kedelai memiliki kandungan tinggi asam lemak esensial, protein, serat, vitamin dan mineral. Nutrisi ini memberikan energi dan menjaga tubuh Anda berfungsi pada tingkat optimal.

Tidak seperti susu sapi, susu kedelai secara alami rendah lemak. Susu kedelai biasa mengandung 2% lemak per cangkir, tetapi bebas dari lemak jenuh. Karena terbuat dari bahan tanaman, susu kedelai tidak mengandung kolesterol sedangkan susu sapi mengandung sekitar 20 miligram kolesterol per cangkir. Untuk orang dewasa asupan kolesterol yang dianjurkan adalah 300 miligram per hari, dan untuk orang dengan kolesterol tinggi atau beberapa jenis masalah jantung lebih baik mengkonsumsi kolesterol di bawah jumlah yang dianjurkan.

Susu kedelai juga tinggi protein. Satu cangkir susu kedelai mengandung sekitar 7 hingga 10 gram protein. Hal ini mirip dengan susu sapi, yang mengandung 8 gram protein per cangkir. Meskipun beberapa sumber mengatakan bahwa protein dalam susu kedelai tidak dapat dicerna, hal ini tidak benar karena protein dalam susu kedelai adalah protein lengkap dan sangat mudah dicerna.

Salah satu produsen susu kedelai adalah Susu Soya Towang yang diproduksi dengan komposisi bahan-bahan organik. Karena kelezatannya, produk ini cocok dikonsumsi semua orang. Bagi konsumen yang sedang menjalani diet pun produk ini merupakan bahan konsumsi yang tepat. Susu Soya Towang aman jika dikonsumsi anak-anak dan wanita hamil, tanpa bahan pengawet, pemutih, bahan kimia, formalin dan merupakan pelopor produk organik di indonesia dengan menggunakan air reverse osmosis. Jadi disamping dari manfaat susu kedelai kita juga merasa aman untuk mengknsumsinya karena tidak menggunakan bahan berbahaya dan kadar gula yang tinggi karena biasanya susu kedelai yang ada dipasaran sudah diberi pemanis terlebih dahulu.

image003

Berikut adalah lima manfaat kesehatan paling penting yang dapat anda peroleh dari minum susu kedelai.
  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

    Tidak seperti susu sapi yang tinggi lemak jenuh, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan non kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggak dan tak jenuh ganda dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah. Penelitian menunjukkan bahwa asupan kedelai yang rutin secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.Hal ini membuat susu kedelai minuman yang ideal jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner

  2. Membantu Mengurangi Berat Badan

    Susu kedelai memiliki kandungan gula lebih rendah dari susu sapi. Secangkir susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula, sedangkan susu kedelai hanya 7 gram. Inilah mengapa jumlah kalori satu cangkir susu kedelai jauh lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai mampu menghambat penyerapan lemak di usus. Selain itu, minum susu kedelai akan memberikan efek kenyang lebih lama karena mengandung lebih banyak serat.

  3. Mencegah Kanker Prostat

    Susu kedelai kaya akan phytoestrogen, hormon tanaman yang dapat menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah membuktikan bahwa pria yang sering mengonsumsi kedelai secara rutin lebih kecil mengalami kanker prostat.

  4. Menopause Lebih Nyaman

    Selama mengalami menopause, produksi hormon esterogen wanita menurun drastis. Penurunan yang sangat banyak ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada wanita, antara lain penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Wanita di masa ini juga lebih rentan mengalami depresi, mudah marah, serta gangguan psikologis lainnya. Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya phytoestrogen yang dapat menggantikan hormon esterogen, maka wanita akan lebih sehat dan nyaman menjalani masa menopause.

  5. Mencegah Osteoporosis

    Tidak hanya susu sapi yang bisa menurunkan risiko osteoporosis, susu kedelai juga bisa memberi manfaat yang sama. Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan Anda membeli susu kedelai yang mengandung vitamin D.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.